UNTUK SMP KELAS 7
DOWNLOAD ARTKEL TENTANG KOMPUTER :
DAMPAK POSIRIF DAN NEGATIF AKIBAT PERKEMBANGAN INTERNET
Internet itu hanya sebuah medium
penyampaian informasi, seperti siaran TV/Radio dan jaringan telepon, namun ia
lebih canggih karena bisa menghantarkan informasi dalam berbagai bentuk
(multimedia) dan tentu saja dua arah.
Internet bersifat netral, tergantung
bagaimana penggunaannya.
Apabila digunakan dengan baik, bisa
luar biasa bermanfaat, khususnya bagi generasi muda dalam bidang pendidikan,
materi pelajaran bisa disampaikan dalam berbagai bentuk, gambar, animasi, film,
suara dan konten2 interaktif. Murid bs lebih mudah belajar dan berkreasi. Ilmu
pengetahuan dan informasi terbaru dpt disampaikan dlm waktu yg sangat singkat
dari dan ke belahan bumi manapun. Generasi muda juga dapat berkomunitas dgn
siapapun tanpa menghiraukan ruang dan waktu.
Berhubung Internet sangat versatil
penggunaannya, dampak negatif juga sulit dihindari,
di bawah ini adalah dampak positif
dan negatif dari internet, antara lain:
Dampak positifnya:
- Menambah wawasan baik luar
maupun dalam negeri
- Menambah pengetahuan (ilmu
komputer khususnya)
- Efisiensi waktu untuk bekerja
- Membantu dalam banyak hal
- Lahan info baik pendidikan,
kebudayaan, dll
- Pertukaran info maupun data
- Membantu mencari tugas
- Efisiensi mencari data,
daripada harus observasi
Dampak negatifnya:
- Kecanduan (bagi yang maniak
game)
- Boros (internet ga murah)
- Merusak otak (porno site)
- Merusak mata (kan ngeliat
komputer terus)
- Lupa waktu
- Carding
- Perjudian
Kalo sampe generasi muda banyak yang
terjerumus ke hal2 negatif itu, bisa-bisa generasi penerusnya jadi kacau dan
brutall tuh >< Ada10 program acara TV yang tidak mendidik dan dapat
merusak mental anak-anak dalam keluarga yaitu: Cinta Bunga (SCTV), Dangdut
Mania Dadakan 2 (TPI), Extravaganza (TransTV), Jelita (RCTI), Mask Rider Blade
(ANTV), Mister Bego (ANTV), Namaku Mentari (RCTI), Rubiah (TPI), Si Entong
(TPI), dan Super Seleb Show (Indosiar). Kita menilai program tayangan jenis
sampah itu tidak mendidik merupakan dampak dari kebebasan media massa sejak
tumbangnya rezim Soeharto 1998. Kita bersyukur saat ini sudah ada lembaga yang
mengawasi media massa, seperti KPI. Tim KPI-lah yang menentukan satu tanyagan
itu positif atau negatif, dan itu diperoleh dari hasil pantauan KPI selama
periode 1 - 13 April. Kesimpulan KPI ke-10 acara TV tersebut paling banyak
melanggar Standar Program Siaran KPI, antara lain melanggar norma kesopanan dan
kesusilaan dengan banyak menampilkan kekerasan, menampilkan kata-kata kasar,
merendahkan, dan melecehkan orang lain.
Pemantauan dilakukan oleh 11 orang
analis dari KPI dan ditetapkan berdasarkan evaluasi tim panelis indenpenden
yang diketuai oleh Prof Dr Arief Rahman, Wakil Ketua Dedy Nur Hidayat, Seto
Mulyadi, Nina Armando, Bobby Guntarto dan Razaini Taher. KPI menganalisis tiga
jenis program tayangan TV dengan pertimbangan pengaduan masyarakat yang paling
banyak yaitu sinetron, variety show, dan acara anak. Kita cukup yakin dengan
ketokohan tim panelis independen itu, namun tetap saja masih ada yang
mengganjal pemirsa di rumah melihat tayangan berita liputan wartawan
masing-masing televisi karena dinilai masih banyak yang tidak mengikuti kaidah
reporting dan penaatan kode etik, misalnya memuat nama dan wajah tersangka
meski belum tentu bersalah. Tentu saja kita dan masyarakat menyambut gembira
terjadinya ’’euforia media’’ yang sebelumnya terbelenggu, tidak bebas, berubah
menjadi bebas sehingga masyarakat menjadi punya banyak pilihan untuk membeli
media massa cetak, menonton televisi, mengakses internet, mendengar radio dll.
Dalam perkembangannya kemudian
terjadi persaingan sengit di antara media massa cetak maupun antar-stasiun
televisi dan radio, Semuanya ingin berkembang, ingin meraih keuntungan besar
sehingga segala macam cara dilakukan untuk bisa unggul mendapatkan pelanggan,
pemirsa maupun pendengar. Hal itulah yang membuat masing-masing pemilik surat
kabar, majalah, televisi, radio, web-site/internet berusaha menampilkan hal-hal
yang baru agar bisa unggul dari saingannya.
Di media massa cetak, kini muncul
dua kelompok besar. Kelompok pertama yang benar-benar positif, dan kelompok
kedua yang benar-benar negatif. Kelompok pertama menguntungkan masyarakat
(publik) karena isinya positif sesuai dengan UU Pers dan kode etik jurnalistik
serta menjalankan fungsi pers sebagai media informasi, pendidikan, hiburan,
sosial kontrol, memajukan perekonomian dll. Bahkan, mereka bisa menjual murah
produknya. Pada kelompok kedua terjadi sebaliknya, negatif karena hanya
mengejar keuntungan sementara karena isinya melanggar UU Pers dan kode etik
serta jauh dari ketentuan hukum dan norma-norma yang berlaku. Media yang
tergabung dalam kelompok ini selalu menampilkan tulisan/berita sejenis
propaganda, fitnah, kekerasan, dan pornografi. Kita mengajak masyarakat dan
mengimbau semua pihak untuk peduli atas maraknya pemberitaan dan tayangan
sampah di media massa saat ini. Tentu saja kita harus melawannya dengan cara:
belilah media cetak positif, jauhi tontonan sampah di televisi. Soal tindak
lanjutnya hukumnya diserahkan pada Organisasi Pers, KPI dll.
Negatif VS Positif
Di jaman seperti sekarang ini
tentunya kita tidak bisa lepas dari peran media, mulai dari cetak, radio, tivi,
dan internet semua. semua ini seakan sudah menjadi kebutuhan hidup bagi
sebagian besar dari kita. karena dengan media tersebut kita bisa ngedapetin dan
nyebarin berita dengan begitu cepat dan mudah. Kalo kita pikir-pikir tentunya
banyak dampak positif yang luar biasa yang bisa kita dapat dari kemajuan media
ini, namun ternyata enggak sedikit juga dampak negatif yang timbul karena media
itu di pakai untuk keperluan yang salah.
Sebagai contoh yang simple adalah
sinetron yang ditayangkan di tivi-tivi. Ketika sinetron mengangkat cerita cinta
remaja, pernikahan dini, perceraian, perselingkuhan, maka dengan cepat “trend”
semacam ini menjangkiti masyarakat kita. Banyak anak-anak SMU mendadak pengen
segera menikah, banyak pasangan gampang banget kawin cerai, selingkuh dan
lainnya. Contoh lainnya adalah internet yang sedang kita pakai ini bro dan sis.
Menurut informasi yang saya dengar, ada ratusan bahkan ribuan situs porno yang
online setiap harinya. Kalau tidak sangking banyaknya konsumen yang mengakses
tidak mungkin sebesar itu situs-situs itu bermunculan tiap harinya. Ia enggak
bro dan sis? Ini berarti makin banyak aja orang-orang yang sakit secara pikiran
setiap harinya. Aduh… aduh… aduh.
Bro dan sis sudah seharusnya kita
yang memiliki pikiran yang positif memerangi ini semua. seorang yang sakit
harus kita sembuhkan dengan obat. Media-media negatif ini adalah penyakit yang
harus kita lawan dan kita yang memiliki pikiran-pikiran positif inilah
obat-obat media negatif itu. dengan menggunakan media untuk menyebarkan
pesan-pesan positif inilah cara untuk mengalahkan penyakit-penyakit media itu.
bro dan sis pakailah berbagai media untuk menyebarkan kebenaran, menabur benih
kebaikan, bahkan menyelamatkan orang-orang dari belenggu dosa. Pakailah
berbagai media untuk menyampaikan pesan-pesan positif. Kita bisa mulai dari
majalah dinding sekolah atau kampus, dari kantor, dari blog, friendster ato
media apapun yang kita miliki. Hidup media positif
l
BAB I
PENGENALAN INTERNET
1 Pengertian Internet
Internet dapat diartikan sebagai jaringan komputer luas dan besar yang mendunia,
yaitu menghubungkan pemakai komputer
dari suatu negara ke negara lain di seluruh dunia, dimana di dalamnya terdapat
berbagai sumber daya informasi dari mulai yang statis hingga yang dinamis dan
interaktif.
Secara umum ada banyak manfaat yang dapat
diperoleh apabila seseorang mempunyai akses internet. Kita bisa menjelajah ke
negara lain (melalui dunia maya tentunya) tanpa harus pergi kesana. Kita juga
bisa berkomunikasi, bertransaksi (bisnis) melalui internet. Dan masih banyak
lagi manfaat yang kita dapat jika kita berada di dalam dunia maya ini.
2 Sejarah internet Dunia
Sejarah intenet dimulai pada 1969 ketika
Departemen Pertahanan Amerika, U.S. Defense Advanced Research Projects Agency
(DARPA) memutuskan untuk mengadakan riset tentang bagaimana caranya
menghubungkan sejumlah komputer sehingga membentuk jaringan organik. Program riset
ini dikenal dengan nama ARPANET. Pada 1970, sudah lebih dari 10 komputer
yang berhasil dihubungkan satu sama lain sehingga mereka bisa saling
berkomunikasi dan membentuk sebuah jaringan.
Tahun 1972, Roy Tomlinson berhasil menyempurnakan
program e-mail yang ia ciptakan setahun yang lalu untuk ARPANET. Program e-mail
ini begitu mudah sehingga langsung menjadi populer.
Pada tahun yang sama, icon @juga diperkenalkan
sebagai lambang penting yang menunjukkan “at” atau “pada”. Tahun 1973, jaringan komputer ARPANET mulai dikembangkan ke
luar Amerika Serikat. Komputer University College di London merupakan komputer
pertama yang ada di luar Amerika yang menjadi anggota jaringan Arpanet. Pada tahun
yang sama, dua orang ahli komputer
yakni Vinton Cerf dan Bob Kahn mempresentasikan sebuah gagasan yang lebih
besar, yang menjadi cikal bakal pemikiran internet. Ide ini dipresentasikan
untuk pertama kalinya di Universitas Sussex.
Setahun kemudian, sudah lebih dari 100 komputer
yang bergabung di ARPANET membentuk sebuah jaringan atau network. Karena komputer
yang membentuk jaringan semakin hari semakin banyak, maka dibutuhkan sebuah
protokol resmi yang diakui oleh semua jaringan. Pada tahun 1982 dibentuk
Transmission Control Protocol atau TCP dan Internet Protokol atau IP yang kita
kenal semua.
Sementara itu di Eropa muncul jaringan komputer tandingan yang dikenal dengan
Eunet, yang menyediakan jasa jaringan komputer di negara-negara Belanda,
Inggris, Denmark dan Swedia. Jaringan Eunet menyediakan jasa e-mail dan
newsgroup USENET.
Untuk menyeragamkan alamat di jaringan komputer yang ada, maka pada tahun 1984
diperkenalkan sistem nama domain, yang kini kita kenal dengan DNS atau Domain Name
System. Komputer yang tersambung dengan jaringan yang ada sudah melebihi 1000
komputer lebih.
Pada 1987 jumlah komputer yang tersambung ke
jaringan melonjak 10 kali lipat manjadi 10.000 lebih. Tahun 1988, Jarko
Oikarinen dari Finland menemukan dan sekaligus memperkenalkan IRC atau Internet
Relay Chat. Setahun kemudian, jumlah komputer yang saling berhubungan kembali
melonjak 10 kali lipat dalam setahun. Tak kurang dari 100.000 komputer kini
membentuk sebuah jaringan.
Tahun 1990 adalah tahun yang paling bersejarah,
ketika Tim Berners Lee menemukan program editor dan browser yang bisa
menjelajah antara satu komputer dengan komputer yang lainnya, yang membentuk
jaringan itu. Program inilah yang disebut www, atau Worl Wide Web.
Tahun 1992, komputer yang saling tersambung
membentuk jaringan sudah melampaui sejuta komputer, dan di tahun yang sama
muncul istilah surfing the internet. Tahun 1994, situs internet telah tumbuh
menjadi 3000 alamat halaman, dan untuk pertama kalinya virtual-shopping atau
eretail muncul di internet. Dunia langsung berubah. Di tahun yang sama Yahoo!
didirikan, yang juga sekaligus kelahiran Netscape Navigator 1.0.
3 Sejarah Internet Indonesia
Beberapa nama-nama legendaris di awal pembangunan
Internet Indonesia yang mungkin kurang banyak dikenal oleh khalayak Internet
Indonesia di tahun 2000 ini antara lain RMS Ibrahim, Suryono Adisoemarta,
Muhammad Ihsan, Robby Soebiakto, Putu, Firman Siregar, Adi Indrayanto merupakan
nama-nama legendaris yang masing-masing personal tersebut telah mengkontribusikan
keahlian dan dedikasinya dalam membangun cuplikan-cuplikan sejarah jaringan komputer di Indonesia.
Negara dengan akses internet yang terbaik
termasuk Korea Selatan (50% daripada penduduknya mempunyai akses jalur
lebar – Broadband), dan Swedia. Terdapat dua bentuk akses internet yang umum,
yaitu dial-up, dan jalur lebar. Di Indonesia, seperti negara berkembang dimana
akses Internet dan penetrasi PC masih juga rendah lainnya sekitar 42% dari
akses Internet melalui fasilitas Public Internet akses seperti warnet ,
cybercafe, hotspot dll. Tempat umum lainnya yang sering dipakai untuk akses
internet adalah di kampus dan dikantor.
4 Internet Masa Kini
Internet dijaga oleh perjanjian bi- atau
multilateral dan spesifikasi teknikal (protokol yang menerangkan tentang
perpindahan data antara rangkaian). Protokol-protokol ini dibentuk berdasarkan
perbincangan Internet Engineering Task Force (IETF), yang terbuka kepada umum.
Badan ini mengeluarkan dokumen yang dikenali sebagai RFC (Request for
Comments). Sebagian dari RFC dijadikan Standar Internet (Internet Standard), oleh
Badan Arsitektur Internet (Internet Architecture Board – IAB).
Protokol-protokol internet yang sering digunakan adalah seperti, IP, TCP, UDP,
DNS, PPP, SLIP, ICMP, POP3, IMAP, SMTP, HTTP, HTTPS, SSH, Telnet, FTP, LDAP,
dan SSL.
Beberapa layanan populer di internet yang
menggunakan protokol di atas, ialah email/surat elektronik, Usenet, Newsgroup,
perkongsian file (File Sharing), WWW (World Wide Web), Gopher, akses sesi
(Session Access), WAIS, finger, IRC, MUD, dan MUSH. Di antara semua ini,
email/surat elektronik dan World Wide Web lebih kerap digunakan, dan lebih
banyak servis yang dibangun berdasarkannya, seperti milis (Mailing List) dan
Weblog. Internet memungkinkan adanya servis terkini (Real-time service),
seperti web radio, dan webcast, yang dapat diakses di seluruh dunia. Selain itu
melalui internet dimungkinkan untuk berkonikasi secara langsung antara dua
pengguna atau lebih melalui program pengirim pesan instan seperti Camfrog,
Yahoo! Messenger, MSN Messenger dan Windows Live Messenger.
Beberapa servis Internet populer yang berdasarkan
sistem Tertutup(?) (Proprietary System), adalah seperti IRC, ICQ, AIM, CDDB,
dan Gnutella. Sama seperti halnya sebuah komunitas, Internet juga mempunyai
tata tertib tertentu, yang dikenal dengan nama Nettiquette
5 Istilah Dalam Internet
Banyak sekali istilah-istilah yang ada dalam
Internet. Bagi mereka yang baru mengenal internet pasti belum begitu paham
tentang istilah dalam komputer.
Beberapa istilah dalam internet antara lain :
- E-Mail
Surat menyurat melalui internet, pengguna dapat
saling bertukar berita, berita tersebut dikumpulkan dalam satu file untuk
pengamatan berupa mailbox.
- E-Mail Address
Alamat yang dipakai pada proses pengiriman e-mail
ke tujuannya, alamat tersebut berdasarkan DNS.
- Access
Kegiatan mengambil atau menyimpan data atau ke
memori atau ke disk drive.
- Attachment
Fasilitas pada sebuah program email baik program
komputer maupun webmail yang dapat digunakan untuk mengirim file atau gambar
yang diikut sertakan pada sebuah email yang akan dikirim.
- Attach
Perintah untuk melacak dan memasukkan dokumen web
sekalipun kita menggulung scroolbar sampai ke akhir dokumen.
- Banner
Bagian yang tidak bergerak pada layer sekalipun
kita mengulung dokumen.
- Blog
Blog atau weblog adalah tren gaya hidup digital
yang kian berkembang, hari demi hari. Di Internet, blog disediakan gratis untuk
siapa saja. Termasuk desain, hosting hingga berbagai fungsi tambahan yang
mempermanis tampilan blog. Gratis dan mudah diaplikasikan.
- Body
Suatu Tag HTML yang digunkan untuk membuka dan
menutup semua isian (text,grafik,dan lain lain) dalam dokumen HTML.
- Browse
Perintah dalam lingkungan windows untuk
menampilkan isi disk.
- Browser
Program aplikasi yang digunakan untuk browsing.
- Browsing
Aktivitas penjelajahan beberapa situs di
internet.
- Chatt
Layanan percakapan online berbasis text yang
biasa digunakan pengguna internet untuk berbicara dengan pengguna lain.
- Counter
Sebuah script (program) yang menghitung jumlah
pengunjung website secara otomatis.
- Cyberscape
Istilah yang berhubungan dengan kumpulan komputer
yang data elektroniknya dapat diakses, jika komputer berhubungan dengan
internet atau jaringan besar
lainnya.
- Dial
Proses terhubungnya komputer ke suatu stasiun
atau sebuah alamat internet melalui saluran komunikasi.
- Dial-up
Jenis komunikasi yang menggunakan modem dan
saluran telepon untuk bias berhubungan atara komputer yang satu dengan komputer
lain atau bisa diartikan provider internet memanfaatkan saluran telepon sebagai
saluran utamanya.
- Dial-up Line
Jalur komunikasi yang digunakan pada proses dial
up terutama jaringan umum
atau jaringan telepon biasa.
- Disconnect
Istilah untuk menyatakan pemutusan hubungan
dengan saluran komunikasi atau keadaan tidak terhuubung dengan jaringan
manapun.
- Download
Mengambil file dari satu komputer ke komputer
lain.
- Error message
Pesan yang muncul ketika ditemukan kesalahan pada
saat menjalankan suatu
program
- Eudora
Program aplikasi layanan e-mail di internet
- Failure
Pernyataan yang menunjukan bahwa alat terkait
tidak berjalan semestinya.
- Flame
Pesan dalam e-mail yang berisi kritikan atau
pendapat biasanya dikirim pengguna internet ke seorang atau sebuah newsgroup
sebagai sel ekspresi kesalahan karena adanya pelanggaran di internet.
- Freeware
software yang didistribuskan gratis kepada
pemakai.
- Front Page/Namo WebEditor/Macromedia
Dreamweaver
Software pengembangan web (program pembantu untuk
membuat dokumen html).
- Gif
Format file untuk menyimpanan data berupa gambar.
- Google
Nama search engine di internet.
- Guest Book
Fasilitas interaktif dalam sebuah hal web yang
mengizinkan pengunjung untuk menulis pesan.
- Hacker
Istilah untuk menyebut orang yang merusak system
orang lain untuk sekedar iseng tanpa memperoleh apapun dari tindakannya
tersebut.
- Homepage
Halaman pertama dari suatu website
- Html
Singkatan dari Hypertext Markup Language. Format
dokumen yang digunakan dalam www (world wide wibe)
- Http
Bagian dari suatu url yang mengidentifikasikan
lakasi sebagai satu yang digunakan oleh html.
- Hyperlink
Link atau sambungan ke sumber lain(bisa berupa
file atau halaman yang berbeda).
- Internet
Sebuah jaringan seluas dunia dengan lebih dari
100 juta pengguna
- Internet Provider
Suatu sistem yang menyediakan layanan hubungan ke
internet, seperti telkomnet, meganet, radnet, globalnet.
- Intranet
Sumber daya informasi yang digunakan untuk
kepentingan internal dari suatu instansi, atau perusahaan dengan menggunakan jaringan komputer yang ada.
- IP
Ip adalah internet protocol suatu bentuk dari
pengisian dan pengamatan paketpaket informasi yang dikirim dalam internet.
- Ip Address
Sebuah pengindentifikasikan untuk sebuah computer
atau perangkat pada jaringan TCP/IP. Atau dapat diartikan sebagai alamat
numeric dari sebuah computer di internet, ip address sama fungsinya dengan
nomor telepon kita di rumah.
- Internet Explorer
Suatu browser web gratis terkenal yang diproduksi
oleh Microsoft
- Irc
Irc (internet relay chat) sebuah layanan yang
dapat berkomunikasi antara orang yang satu dengan yang lain.
- ISP
Isp (internet sevice provider) adalah perusahaan
yang menawarkan dan menyediakan layanan jasa akses internet ke kalangan umum
dengan mengenakan biaya. Contoh dari isp adalah telkomnet, indosat, centrin,
cbn, wasantara.
- Link
Sambungan atau koneksi dari sebuah sumber ke
sumber yang lain misalnya dalam system networking atau internet.
- LAN
Lan (local area networking) adalah sebuah
jaringan yang berdiri sendiri biasanya pada sebuah kantor atau perusahaan.
- Log In
Proses masuk kedalam sebuah layanan online yang
berisi nama dan password.
- Log out
Keluar atau menutup sama artinya dengan sign out.
- Mailing List
Sebuah forum diskusi di internet dengan menggunakan
e-mail satu pesan dari seseorang anggota akan diterima oleh semua anggota.
- Member
Anggota member id merupakan identitas
anggota,member name,nama anggota.
- Netscape
Browser graphical komersial terkenal
- Network
Sekelompok komputer yang terhubung yang biasa
saling berbagi sumber daya, seperti printer,atau modem,dan data.
- Newslatter
Lembar warta semacam bulletin di internet, atau
dapat diartikan sebagai lembar warta yang disebarluaskan melalui e-mail dengan
tata letak menyerupai halaman web.
- Page Wizard
Langkah-langkah yang diberikan secara berurutan
untuk membimbing dalam pembuatan sebuah halaman web.
- Provider
Perusahaan yang biasa melayani pembuatan website
mengatur penempatan di dunia cyber termasuk juga maintenance dan penyedia akses
internet juga membantu dari segi promosi agar website tersebut banyak
dikunjungi para pengguna internet.
- Search Engine
Sebuah fasilitas web yang bias mencari link dari
situs lain.
- Send mail
Untuk menerima e-mail dari luar maupun dari
system setempat dan mengirimkannya ke tujuan.
- Server
Sebuah computer di internet atau jaringan yang
menyimpan file dan membuat file tersebut tersedia untuk diambil jika
diperlukan.
- Sign In
Mendaftarkan diri menjadi member.
- Situs
Sebuah computer yang terhubung oleh internet dan
menyajikan informasi atau layanan seperti newsgroup,e-mail, atau halaman web.
- Spam
Pesan tidak diinginkan yang masuk melalui e-mail
bias berupa pesan yang tak berarti.
- Submit
Mengirim form yang telah terisi ke dalam server
web.
- Teleconfrencing
Konfrensi jarak jauh atau komunikasi interaktif
antara tiga orang atau lebih yang terpisah jauh secara geografis.
- Url
Uniform resource locator sebuah alamat yang
menunjukan rute ke file pada web atau pada fasilitas internet yang lain,url
biasanya diketikkan pada browser untuk mengakses suatu situs web.
- Website
Suatu koleksi dokumen html baik pribadi atau
perusahaan dalam server web,biasanya sebuah server web berisi lebih dari satu
situs.
- WWW
World wide wibe servis internet yang dapat
terkoneksi dengan dokumen multimedia bersama hyper text.
BAB II
PEMROGRAMAN
INTERNET
( WEBSITE / SITUS )
Situs dapat diartikan sebagai kumpulan
halaman-halaman yang digunakan untuk menampilkan informasi, gambar gerak,
suara, dan atau gabungan dari semuanya itu baik yang bersifat statis maupun
dinamis yang membentuk satu rangkaian bangunan yang saling terkait dimana
masing-masing dihubungkan dengan link-link.
Untuk membangun situs diperlukan beberapa unsur
yang harus ada agar situs dapat berjalan dengan baik dan sesuai yang
diharapkan. Unsur-unsur yang harus ada dalam situs antara lain:
1 Domain Name
Domain name atau biasa disebut nama domain adalah
alamat permanen situs di dunia internet yang digunakan untuk mengidentifikasi
sebuah situs atau dengan kata lain domain name adalah alamat yang digunakan
untuk menemukan situs kita pada dunia internet. Istilah yang umum digunakan
adalah URL.
Ada banyak macam nama domain yang dapat kita pilih
sesuai dengan keinginan. Berikut beberapa nama domain yang sering digunakan dan
tersedia di internet :
a. Generic Domains (gTLDs)
Merupakan domain name yang berakhiran dengan .Com
.Net .Org .Edu .Mil atau .Gov. Jenis domain ini sering juga disebut top level
domain dan domain ini tidak berafiliasi berdasarkan negara, sehingga siapapun
dapat mendaftar.
- Ø.com : merupakan top level
domain yang ditujukan untuk kebutuhan “commercial”.
- Ø.edu : merupakan domain yang
ditujukan untuk kebutuhan dunia pendidikan (education)
- Ø.gov : merupakan domain untuk
pemerintahan (government)
- Ø.mil : merupakan domain untuk
kebutuhan angkatan bersenjata (military)
- Ø.org : domain untuk
organisasi atau lembaga non profit (Organization).
b. Country-Specific Domains (ccTLDs)
Yaitu domain yang berkaitan dengan dua huruf
ekstensi, dan sering juga disebut second level domain, seperti .id(Indonesia),
.au(Australia), .jp(Jepang) dan lain lain. Domain ini dioperasikan dan di
daftarkan dimasing negara. Di Indonesia, domain-domain ini berakhiran, .co.id,
.ac.id, .go.id, .mil.id, .or.id, dan pada akhir-akhir ini ditambah dengan
war.net.id, .mil.id, dan web.id. Penggunaan dari masing-masing akhiran tersebut
berbeda tergantung pengguna dan pengunaannya
2 Hosting
Hosting dapat diartikan sebagai ruangan yang
terdapat dalam harddisk tempat menyimpan berbagai data, file-file, gambar dan
lain sebagainya yang akan ditampilkan di situs. Besarnya data yang bisa
dimasukkan tergantung dari besarnya hosting yang disewa/dipunyai, semakin besar
hosting semakin besar pula data yang dapat dimasukkan dan ditampilkan dalam
situs.
Hosting juga diperoleh dengan menyewa. Besarnya
hosting ditentukan ruangan harddisk dengan ukuran MB(Mega Byte) atau GB(Giga
Byte). Lama penyewaan hosting rata-rata dihitung per tahun. Penyewaan hosting
dilakukan dari perusahaan-perusahaan penyewa web hosting yang banyak dijumpai
baik di Indonesia maupun Luar Negri.
3 Scripts
Adalah bahasa yang digunakan untuk menerjemahkan
setiap perintah dalam situs yang pada saat diakses. Jenis scripts sangat
menentukan statis, dinamis atau interaktifnya sebuah situs. Semakin banyak
ragam scripts yang digunakan maka akan terlihat situs semakin dinamis, dan
interaktif serta terlihat bagus. Bagusnya situs dapat terlihat dengan tanggapan
pengunjung serta frekwensi kunjungan.
Beragam scripts saat ini telah hadir untuk
mendukung kualitas situs. Jenis jenis scripts yang banyak dipakai para designer
antara lain HTML, ASP, PHP, JSP, Java Scripts, Java applets dsb. Bahasa dasar
yang dipakai setiap situs adalah HTML sedangkan ASP dan lainnya merupakan
bahasa pendukung yang bertindak sebagai pengatur dinamis, dan interaktifnya
situs. Scripts ASP, PHP, JSP atau lainnya bisa dibuat sendiri, bisa juga dibeli
dari para penjual scripts yang biasanya berada di luar negri. Harga Scripts
rata-rata sangat mahal karena sulitnya membuat, biasanya mencapai puluhan juta.
Scripts ini biasanya digunakan untuk membangun portal berita, artikel,
forum diskusi, buku tamu, anggota organisasi, email, mailing list dan lain
sebagainya yang memerlukan update setiap saat.
4 Web Design
Setelah melakukan penyewaan domain dan hosting
serta penguasaan scripts, unsur situs yang paling penting dan utama adalah
design. Design web sangat menentukan kualitas dan keindahan situs. Design
sangat berpengaruh kepada penilaian pengunjung akan bagus tidaknya sebuah web
site. Untuk membuat situs biasanya dapat dilakukan sendiri atau menyewa jasa
web designer. Saat ini sangat banyak jasa web designer, terutama di kota-kota
besar. Perlu diketahui bahwa kualitas situs sangat ditentukan oleh kualitas
designer. Semakin banyak penguasaan web designer tentang beragam
program/software pendukung pembuatan situs maka akan dihasilkan situs yang
semakin berkualitas, demikian pula sebaliknya. Jasa web designer ini yang
umumnya memerlukan biaya yang tertinggi dari seluruh biaya pembangunan situs dan
semuanya itu tergantung kualitas designer.
5 Publikasi
Keberadaan situs tidak ada gunanya dibangun tanpa
dikunjungi atau dikenal oleh masyarakat atau pengunjung internet. Karena
efektif tidaknya situs sangat tergantung dari besarnya pengunjung dan komentar
yang masuk. Untuk mengenalkan situs kepada masyarakat memerlukan apa yang
disebut publikasi atau promosi.
Publikasi situs di masyarakat dapat dilakukan
dengan berbagai cara seperti dengan pamlet-pamlet, selebaran, baliho dan lain
sebagainya tapi cara ini bisa dikatakan masih kurang efektif dan sangat
terbatas. cara yang biasanya dilakukan dan paling efektif dengan tak terbatas
ruang atau waktu adalah publikasi langsung di internet melalui search engine –
search engine (mesin pencari, spt : Yahoo, Google, Search Indonesia, dsb).
Cara publikasi di search engine ada yang gratis
dan ada pula yang membayar. Yang gratis biasanya terbatas dan cukup lama untuk
bisa masuk dan dikenali di search engine terkenal seperti Yahoo atau Google.
Cara efektif publikasi adalah dengan membayar, walaupun harus sedikit
mengeluarkan akan tetapi situs cepat masuk ke search engine dan dikenal oleh
pengunjung.
6 Pemeliharaan Web Site atau Situs
Untuk mendukung kelanjutan dari situs diperlukan
pemeliharaan setiap waktu sesuai yang diinginkan seperti penambahan informasi,
berita, artikel,
link, gambar atau lain sebagainya. Tanpa pemeliharaan yang baik situs akan
terkesan membosankan atau monoton, juga akan segera ditinggal pengunjung.
Pemeliharaan situs dapat dilakukan per periode tertentu seperti tiap hari, tiap
minggu atau tiap bulan sekali secara rutin atau secara periodik saja tergantung
kebutuhan (tidak rutin). Pemeliharaan rutin biasanya dipakai oleh situs-situs
berita, penyedia artikel, organisasi atau lembaga pemerintah. Sedangkan
pemeliharaan periodik bisanya untuk situs-situs pribadi, penjualan/e-commerce,
dan lain sebagainya.
BAB III
INTERNET DALAM DUNIA PENDIDIKAN
Penggunaan Internet berawal dari institusi pendidikan dan penelitian Amerika Serikat. Sejak tahun
1995 Internet mulai digunakan untuk kepentingan bisnis. Di luar negeri,
Internet ini sering diasosiasikan dengan perguruan tinggi, sementara di
Indonesia, Internet lebih diasosiasikan dengan bisnis (Internets Service
Provider (ISP), e-commerce dan hiburan.
1 Manfaat Internet Bagi Pendidikan
Masalah utama yang dihadapi oleh pendidikan di seluruh dunia adalah akses sumber informasi
yang sangat sulit. Perpustakaan konvensional yang merupakan sumber informasi
sangat sulit dijangkau karena jumlahnya sangat terbatas dan dengan terbatasnya
ketersediaan buku. Buku-buku dan jurnal harus dibeli dengan harga mahal
sehingga ilmu (dalam hal ini sumber informasi) menjadi sangat sulit ditemukan
dan terkesan mahal. Keberadaan internet mampu mengubah semua itu, karena kita
dapat mengakses sumber informasi dengan begitu mudah dan tidak terbatas
jumlahnya. Tetapi patut disayangkan karena di negara kita Indonesia, internet
masih sangat mahal.
Di Indonesia, masalah kelangkaan sumber informasi
konvensional (perpustakaan) lebih berat dibanding dengan tempat lain. Adanya
Internet seharusnya menjadi salah satu solusi pamungkas untuk mengatasi masalah
ini.
Internet dapat digunakan dalam proses belajar
mengajar terutama dalam perkuliahan. Dengan kecanggihan internet memungkinkan
seorang dosen atau guru tidak harus datang ke kelas untuk menyampaikan materi
tetapi cukup dilakukan melalui internet misalnya dengan menggunakan
teleconference. Internet bisa saja mengabaikan jarak, sehingga ketika kita
butuh informasi dari seorang pakar di luar negeri dengan segera kita dapatkan.
2 Permasalahan internet untuk pendidikan
Penerapan internet dalam dunia pendidikan di Indonesia masih menemui banyak kendala, baik
dari segi fasilitas maupun ketersedian sumber saya manusia serta ketersediaan
sumber informasi yang dibuat oleh anak bangsa. Beberapa permasalahan yang kita
hadapi adalah:
Akses Internet masih mahal
Meskipun sudah tersedia, akses ke Internet sangat
mahal sehingga masih sangat sulit dijangkau oleh semua kalangan terutama insan pendidikan. Namun hal ini diharapkan akan menjadi lebih
murah di masa yang akan datang. Diharapkan akselerasi penurunan harga menjadi
fokus utama Pemerintah. Mekanisme lain adalah adanya subsidi dari pemerintah
untuk institusi pendidikan. Saat ini sudah diprogramkan oleh pemerintah dalam
bentuk JARDIKNAS (Jaringan Pendidikan Nasional) yang kabarnya akan
didistribusikan dan dapat menjangkau semua sekolah. Ini tentu saja tidak mudah
tetapi dilakukan secara bertahap.
Akses Internet masih susah diperoleh.
Salah satu solusi untuk layanan Internet adalah
tersedianya warung internet (warnet) yang menyediakan jasa layanan internet.
Tetapi keberadaan warnet pun tidak merata di seluruh Indonesia yang terfokus
pada daerah perkotaan saja. Sementara di daerah-daerah, akses internet masih
merupakan sebuah masalah karena fasilitas warnet masih terbatas bahkan masih
ada daerah yang tidak memiliki warnet. Kondisi ini diperparah dengan belum
terjangkaunya seluruh daerah oleh jaringan telpon yang bisa digunakan untuk
mengakses internet.
Kurangnya penguasaan bahasa Inggris
Internet didominasi oleh bahasa Inggris termasuk
informasi-informasi yang kita butuhkan dalam dunia pendidikan terutama sumber
informasi yang akan digunakan dalam pembelajaran. Kondisi inilah yang menjadi penghambat
akses informasi melalui internet karena dibutuhkan penguasaan bahasa inggris
yang baik, sementara kita sadari bahwa masyarakat Indonesia yang menguasai
bahasa global ini masih sangat terbatas atau kalau tidak mau dikatakan langka.
Tenaga Kependidikan Belum Siap
Dasar untuk pengoperasian layanan internet adalah
keterampilan komputer. Hal ini menjadi sebuah permasalahan yang sangat mendasar
karena masih tenaga kependidikan yang belum mahir mengoperasikan komputer,
sehingga sangat sulit untuk menggunakan layanan internet. Hal ini bisa diatasi
dengan menggalakkan pelatihan untuk pengoperasian komputer dan internet.
Apa yang harus Dilakukan?
Penggunaan internet dalam dunia pendidikan masih
sangat jauh dari harapan. Perlu perhatian dari beberapa pihak terutama
pemerintah dan tenaga kependidikan untuk membenahi diri dalam rangka penguasaan
produk teknologi dalam upaya mencerdaskan anak bangsa. Perhatian
pemerintah sangat diperlukan untuk mengatasi permasalahan ini. Tetapi hal ini
bisa saja berbenturan dengan penerapan otonomi daerah karena daerah sendiri
yang memiliki otoritas untuk pengembangan daerahnya walau pun tidak serta merta
pemerintah pusat lepas tangan.
Beberapa daerah khususnya di Sulawesi Selatan
telah menerapkan penggunaan internet di sekolah dan pengelolaan administrasi
secara online. Pemerintah daerah melakukan kerjasama dengan pihak swasta untuk
pengembangan pendidikan melalui akses internet dan pengelolaan administrasi
online. Salah satu instansi swasta yang getol melakukan pengembangan dunia
pendidikan dengan akses internet adalah Sistem Sekolah Cerdas Indonesia (SSCI)
yang telah menerapkan kerjasama dengan Kota Makassar, Kota Parepare, Kabupaten
Bantaeng. Ini merupakan angin segar untuk dunia pendidikan. Semoga
daerah-daerah lain melakukan hal yang sama sehingga tidak seorang manusia
indonesia pun yang tertinggal dalam dunia Teknologi
Informasi.
BAB IV
PENUTUP
1 Kesimpulan
Internet dapat diartikan sebagai jaringan komputer luas dan besar yang mendunia,
yaitu menghubungkan pemakai komputer dari suatu negara ke negara lain di
seluruh dunia, dimana di dalamnya terdapat berbagai sumber daya informasi dari
mulai yang statis hingga yang dinamis dan interaktif.
Sejarah intenet dimulai pada 1969 ketika
Departemen Pertahanan Amerika, U.S. Defense Advanced Research Projects Agency
(DARPA) memutuskan untuk mengadakan riset tentang bagaimana caranya
menghubungkan sejumlah komputer sehingga membentuk jaringan organik. Program
riset ini dikenal dengan nama ARPANET.
ada banyak manfaat yang dapat diperoleh apabila
seseorang mempunyai akses internet. Kita bisa menjelajah ke negara lain
(melalui dunia maya tentunya) tanpa harus pergi kesana. Kita juga bisa
berkomunikasi, bertransaksi (bisnis) melalui internet. Keberadaan internet mampu
mengubah semua itu, karena kita dapat mengakses sumber informasi dengan begitu
mudah dan tidak terbatas jumlahnya, dan masih banyak lagi manfaat yang kita
dapat jika kita berada di dalam dunia maya ini.
Penerapan internet dalam dunia pendidikan di
Indonesia masih menemui banyak kendala, baik dari segi fasilitas maupun
ketersedian sumber saya manusia serta ketersediaan sumber informasi yang dibuat
oleh anak bangsa. Beberapa permasalahan yang kita hadapi adalah:
1. Akses internet masih mahal
2. Akses internet masih susah diperoleh
3. Kurangnya penguasaan bahasa Inggris
4. Tenaga pendidik belum siap
Dengan kecanggihan internet memungkinkan seorang
dosen atau guru tidak harus datang ke kelas untuk menyampaikan materi tetapi
cukup dilakukan melalui internet misalnya dengan menggunakan teleconference.
Internet bisa saja mengabaikan jarak, sehingga ketika kita butuh informasi dari
seorang pakar di luar negeri dengan segera kita dapatkan.
Cara Memasang Dual HardDisk pada PC
Banyak
orang menginginkan memori penyimpanan (harddisk) memiliki kapasitas yang besar
yang sekiranya cukup untuk menyimpan semua file yang diinginkan, seperti lagu,
film ataupun file-file yang memiliki kapasitas yang besar…Namun bagi yang
keinginannya saat ini sudah mungkin hal tersebut tercapai, karena pada saat ini
terakhir saya mengetahui ada HDD yang memiliki kapasitas sampai dengan 1 Terra,
bahkan mungkin bisa lebih…bagi yang masih kurang dengan kapasitas yang super besar
tersebut, ada jalan lain untuk mengatasinya yakni dengan cara melakukan
penambahan HDD pada PC anda…namun untuk HDD yang baru (SATA) aturan yang
berlaku tidaklah sulit untuk melakukan dual HDD pada PC, tapi pada HDD yang
lama (IDE), pemberlakuan dengan penggunaan dual HDD sedikit lebih rumit, karena
pada HDD yang IDE masih terdapatnya settingan menggubakan jumper HDD,
Pengaturan tersebut berfungsi untuk mengatur (menentukan) hardisk mana yang
akan menjadi master (tempat OS) dan hardisk mana yang menjadi slave, apabila
kita menggunakan dua atau lebih hardisk… jadi saat booting sistem komputer akan
boot langsung dari hardisk yang memiliki OS tersebut tanpa harus mencari dari
hardisk yang lain. jamper master pada hardisk berarti hardisk itu dipakai sebagai
progw/ window utama. sedang jamper slev berarti hardis itu sebagi hardisk kedua
ata sebagai penyimpan data saja. bagaimana posisinya lihat label hardisknya.
Cara 1 untuk setting Dual HDD pada SATA
1.
Anda Harus mengetahui secara pasti
pada HDD mana OS anda terinstal.
2.
Pasang kabel SATA HDD anda yang
terinstal OS pada posisi SATA 1, agar anda mudah dan tidak perlu men-setting
posisi HDD pada BIOS.
3.
Jika sudah terpasang semua anda bisa
langsung menggunakannya, namun setelah masuk pada layar destop di tunggu sampai
dengan inisialisasi HDD pada HDD yang baru.
Cara
2 untuk setting dual HDD pada SATA
1.
Teman2 Harus mengetahui secara pasti
pada HDD mana OS anda terinstal.
2.
Jika pada penyusunan kabel anda
tidak urut, anda diharuskan setting HDD anda melalui BIOS, HDD yang terisi OS
diharuskan terdapat pada posisi first(utama).
3.
Setelah selesai setting BIOS melalui
Configurasi HDD, anda bisa menggunakan HDD teman2 setelah inisialisasi HDD yang
baru.
Cara
1 untuk setting dual HDD pada IDE
1.
Sama seperti sebelumnya teman2 Harus
mengetahui secara pasti pada HDD mana OS anda terinstal.
2.
Pasang Jumper anda pada posisi
master untuk HDD yang berisi OS, sedangkan yang satunya lagi anda bisa
meletakkan jumper pada posisi slave, atau amannya teman2 bisa melepas jumper
tersebut.
3.
Nyalakan komputer anda dan lakukan
inisialisasi HDD sewaktu startup
Cara
2 untuk setting dual HDD pada IDE
1.
Teman2 Harus mengetahui secara pasti
pada HDD mana OS anda terinstal.
2.
Jika pada penyusunan jumper anda
tidak urut, anda diharuskan setting HDD anda melalui BIOS, HDD yang terisi OS
diharuskan terdapat pada posisi first(utama).
3.
Setelah selesai setting BIOS melalui
Configurasi HDD, teman2 bisa menggunakan HDD anda setelah inisialisasi HDD yang
baru.
Semoga
bermanfaat …
DOWNLOAD ARTIKEL INI
Tidak ada komentar:
Posting Komentar